Newsletter subscribe
[gtranslate]

Berita

Pendampingan Penenun Untuk Pewarna Alami

Posted: August 5, 2019 at 9:33 am   /   by   /   comments (0)

Hingga saat ini Pesada dengan rutin  melakukan pendampingan perempuan penenun untuk pewarna alami. Pewarna alami merupakan warisan nenek moyang namun dengan perkembangan zaman, pewarna alam tidak lagi ditekuni para penenun. Namun hal ini Pesada tetap memotivasi penenun untuk menekuni pengembangan pewarna alam, dimana sumber pewarna alam tersedia dan mudah diperoleh disekitar lingkungan para penenun. Secara  kesehatan dengan bertenun warna alami sehat termasuk pengguna tenun, selain itu para penenun  menjaga dan melestarikan warisan keahlian nenek moyang  yang sudah dilupakan yang hingga saat ini  tergerus oleh kimia dan peralatan ATBM (alat tenun belum mesin) yang melupakan alat tradisional (Gedogan).

Salah satu kelompok tenun bernama Gabe Binanga Borta pada tanggal 19 Juli 2019 bersama Pesada melakukan praktek pewarna alami dimana kelompok beranggotakan 30 orang. Praktek pembuatan pewarna alam  dari bahan Jajabi, Maholi dan Biji kesumba. Warna yang dihasilkan jajabi untuk pink, maholi untuk warna coklat dan biji kesumba warna orange dengan pengikat warna metode viksasi bahan tawas. Untuk saat ini kelompok tenun Kabupaten Dairi & Kabupaten Samosir.

Upaya yang sudah dilakukan oleh Pesada untuk pendampingan tenun pewarna alami :

  • Praktek pewarna alami bersama kelompok tenun di 2 kabupaten
  • Memotivasi penenun untuk bisa memproduksi tenun warna alami dengan motif,kualitas benang, kerapian dan control kualitas.
  • Mempromosikan produk pewarna alami kepihak-pihak lain dan mengikuti pameran pekan raya.
  • Memasarkan produk pewarna alami di tingkat local, nasional & internasional

Pesada kerjasama melalui pemerintah dengan memasarkan di tingkat local yaitu Dekranasda Kabupaten Samosir & Dairi. Pada tanggal 03 Agustus 2019 Pesada diminta berkontribusi untuk pameran ulos pewarna alami melalui Dinas Perindustrian & Perdagangan Kabupaten Dairi,   dalam rangka pelantikan pengurus Dekranasda Dairi tahun 2019 – 2024. Melalui kerjasama Pesada dengan pemerintah, kedepan produk produk tenun pewarna alami semakin banyak dikenal dan diminati oleh masyarakat umum sehingga berdampak terhadap peningkatan pendapatan penenun untuk kesejahteraan keluarga. (SES)