Newsletter subscribe
[gtranslate]

Berita

Pendidikan Pencegahan dan Respon Cepat Penyebaran Covid19

Posted: April 14, 2020 at 3:04 am   /   by   /   comments (0)

Pendidikan pencegahan dan respon cepat penyebaran Covid 19 dilakukan PESADA pada tanggal 6 April 2020 untuk kader pengelola  OSS&L dan staf CU Pesada PEREMPUAN yang berjumlah 10 orang dengan narasumber dr. Edison Damanik dari Dinas Kesehatan Kab Dairi . Pendidikan ini bertujuan supaya peserta

  1. Memahami seluk beluk Covid 19, jenis penularan dan cara pencegahannya.
  2. Mampu menyampaikan informasi ke keluarga/rumah tangga, kelompok perempuan dan komunitas mengenai point 1 dengan sederhana, menggunakan media-media yang resmi yang telah diadopsi untuk mudah dipahami.
  3. Mengingat ulang isi pendidikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan bahasa yang mudah dipahami di kelompok perempuan menghindari penyebaran covid 19.
  4. Terampil membuat dan menggunakan hand sanitizer dan disinfektan yang sesuai standar Kesehatan.
  5. Terampil merespon kasus yang berhubungan dengan covid29, merujuk ke layanan Kesehatan dan adanya hotline untuk mempercepat layanan terkait covid19

Dalam proses diskusi peserta  mengisi  check list penilaian resiko pribadi terkait covid19,  dalam penilaian tersebut peserta memilih kegiatan  yang  dilakukan berpotensi tertular di luar rumah, potensi terlular di dalam rumah dan daya tahan tubuh ( imunitas ). Dari hasil penilaian ini peserta menyadari sangat penting menjaga  kebersihan diri dan lingkungan, mencuci tangan apabila menyentuh benda – benda, mandi dan keramas apabila keluar rumah, merendam pakaian, mensosialisasikan check list penilaian resiko pribadi kepada keluarga di rumah supaya tidak tertular, menjaga kesehatan dengan berolahraga dan mengkonsumsi vitamin E dan C.  Peserta juga mengetahui bahan – bahan makanan yang meningkatkan kekebalan tubuh. Bahan makanan tersebut banyak tersedia disekitar kita misalnya jambu biji, labu kuning, ubi jalar dan harganya masih terjangkau.

 

 

Dari hasil penjelasan dr Edison Damanik terkait penyebaran dan pencegahan covid19 peserta memperoleh pemahaman yang baik dan mengetahui cara mengatasi penyebarannya melalui hal-hal yang sudah tersebut diatas. Dan harus lebih jeli dalam menyaring informasi, karena banyaknya informasi  saat ini yang membuat kita stress dan  daya tahan tubuh  menurun.   Diakhir acara masing – masing peserta mempraktekkan cara membuat desinfektan yang dapat digunakan dirumah. Bahan yang digunakan adalah 1 lt air, 2 sendok makan wipol, 4 sendok makan pembersih lantai ( so kiln, SOS dll ), campur semua bahan kedalam ember diaduk sampai rata, masukkan kedalam semprotan, siap untuk digunakan ke benda – benda mati  yang sering disentuh. (ES)