Newsletter subscribe
[gtranslate]

Berita

Pemilihan Desa Peduli Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) Tahun 2019 Kabupaten Pakpak Bharat

Posted: September 24, 2019 at 5:31 am   /   by   /   comments (0)

Wilayah Pakpak Bharat  merupakan salah satu kabupaten yang termasuk menjadi fokus kegiatan Pesada melalui program pemenuhan Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) dimulai sejak tahun 2015 bekerjasama dengan Konsorsium PERMAMPU.  Bentuk pendampingan yang dilakukan Pesada berupa diskusi bulanan  fokus di 5 desa/kelompok CU berkaitan dengan issue  HKSR. Selain diskusi, guna lebih mencapai sasaran di masyarakat dan desa, kegiatan kampaye menjadi strategi yang dilakukan oleh Pesada.

Pada tahun 2017 dan 2018 Pesada melakukan kampanye dan pemilihan Champion Keluarga Peduli HKSR yang dilakukan secara bertingkat dan partisipatif, dimulai dari tingkat desa, tingkat kabupaten dan bertemu di level propinsi.

Kampanye dan Pemilihan Champion Keluarga Peduli HKSR, membawa dampak yang cukup positif bagi keluarga, khususnya suami. Selama ini kurang peduli dengan masalah kesehatan seksual dan reproduksi, mulai terlibat dalam pemenuhan HKSR perempuan dan anak perempuan.  Proses yang dijalani dalam pemiihan Champion Keluarga Peduli HKSR secara tidak langsung semakin memperkuat pemahaman pasangan akan pentingnya kepedulian akan pemenuhan HKSR perempuan dan perempuan muda.

Tahun ini  2019, Pesada menyelenggarakan Kampanye dan Pemilihan Champions Desa Peduli Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) tingkat Kabupaten.  Harapan ke depan kegiatan Pemilihan Desa Peduli HKSR tingkat Kabupaten bisa dapat terintergrasi dengan program kesehatan, pendidikan, dan kesetaraan gender di semua level pembangunan di desa dan di Kabupaten Pakpak Bharat.

FGD pemilihan desa peduli HKSR Jumat, 13  September 2019 di Desa Aornakan II

Tahap awal pemilihan desa peduli HKSR dilakukan di tingkat desa, adapun desa tersebut yaitu; desa Aornakan II Kec. Pergetteng Getteng Sengkut, desa Binanga Sittelu Kec. Tinada, desa Prongil Julu Kec. Tinada, desa Tinada Kec. Tinada dan desa Sukaramai Kec. Kerajaan. Penilaihan ditingkat desa dilakukan oleh Pesada dengan metode FGD (Forum Group Diskusi).

FGD pemilihan desa peduli HKSR Senin, 16 September 2019 di Desa Buluh Tellang.

FGD pemilihan desa peduli HKSR Senin, 16 September 2019 di Desa Prongil.

FGD pemilihan desa peduli HKSR Senin, 16 September 2019 di Desa Tinada.

Pemilihan tingkat kabupaten dilakukan pada tanggal 20 September 2019 bertempat di gedung Balenta – Traju.  Perwakian setiap desa yang diundang ; aparat desa, tokoh adat/agama, bidan/kader Posyandu desa, Pengurus CU dan suami anggota CU. Untuk tim penjurian dari Dinas Kesehatan (dr. Helmi Harianja), Dinas PMDP&PA (Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak) diwakilkan bidang Pemberdayan Perempuan dan Anak (drg. Nelly Suranta), dan Pesada.  Dari hasil penilaian melalui tanya jawab antara tim juri dan peserta desa yang menjadi Champions Desa Peduli Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) tahun 2019 tingkat Kabupaten Pakpak Bharat  nilai tertinggi diraih dari desa Sukaramai Kec. Kerajaan.

FGD pemilihan desa peduli HKSR Rabu, 18 September 2019 di Desa Sukaramai.

Desa yang menjadi champion nantinya akan diundang ketingkat propinsi bersama desa dari kabupaten lainnya.

Kegiatan ini nantinya ke depan bisa menjadi contoh bagi desa untuk dilakukan melalui alokasi dana desa bidang pemberdayaan masyarakat dan tingkat kabupaten menjadi program Dinas Kesehatan dan Dinas PMDP&PA kab. Pakpak Bharat. (MSP)