Newsletter subscribe

Berita

Monitoring Pelaksanaan SPM Kesehatan Bidang Kesehatan Seksual Dan Reproduksi Perempuan Di Puskesmas Hutagalung Kabupaten Humbang Hasundutan

Posted: June 26, 2019 at 5:29 am   /   by   /   comments (0)

Kegiatan monitoring SPM Kesehatan terlaksana di Puskesmas Hutagalung Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan pada hari  Rabu  26 Juni 2019 diikuti oleh 14 orang perempuan yang terdiri dari tenaga kesehatan, perwakilan pengelola OSS&L, dan Pesada.

Adapun tujuan yang diharapkan dari kegiatan ini adalah :

1) Memperoleh informasi langsung capaian PUSKESMAS  dalam melakukan implementasi SPM Kesehatan bidang KSR perempuan;

2) Mengadakan diskusi langsung ke pihak yang menangani bidang kesehatan seksual dan reproduksi perempuan;

3) Memperoleh masukan dan rencana tindak lanjut untuk perbaikan implementasi SPM kesehatan bidang kesehatan seksual dan reproduksi.

Kegiatan ini difasilitasi oleh Dinta Solin (Direktur Pesada). Dari hasil monitoring SPM diperoleh informasi :

  • Masih ada perempuan hamil yang tidak rutin melakukan kunjungan ke Puskesmas untuk pemeriksaan kehamilan di Puskesmas (K1-K4). Berdasarkan informasi dari tenaga kesehatan menyebutkan rata-rata perempuan melakukan pemeriksaan di K3-K4.
  • Pelaksanaan kelas ibu hamil terlaksana bersamaan dnegan kegiatan Posyandu, namun minim keterlibatan suami. Hal ini karena kurangnya informasi dan promosi kepada suami dan keluarga ibu hamil mengenai pentingnya keterlibatan suami dan keluarga.
  • Di Puskesmas Hutagalung juga menyediakan layanan Antenatal Care yang dikenal dengan 10 T terdiri dari: mengukur Tensi, Timbang Berat badan, Palpasi, mengukur HB, mengukur LILA (Lingkar Lengan Atas), mendengar denyut jantung, mengukutr tinggi badan, tinggi fundus, Imunisasi, dll. Tindakan yang diberikan kepada bayi pasca dilahirkan adalah: Imunisasi HBO, pemberian salap mata, suntikan vitamin K untuk mencegah perdarahan pada KN-1.
  • Untuk layanan kesehatan seksual dan reproduksi kepada remaja yang diberikan berupa penyuluhan tentang kesehatan dan pemberian tablet Fe kepada siswi SMP.
  • Pelaksanaan Posyandu Lansia dilaksanakan secara rutin dan aktif dengan kegiatan yang dilakukan senam Lansia, cek tensi, latihan koor Lansia dengan melibatkan Bidan Desa, dan kader. (BP)