Newsletter subscribe

Siaran Pers

PERMAMPU Meluncurkan Buku Jalan Panjang Kepemimpinan Feminist LSM Perempuan di Sumatera untuk Rayakan Hari Perempuan Internasional

Posted: April 1, 2019 at 3:30 am   /   by   /   comments (0)


Medan, 29 Maret 2019 – PERMAMPU sebuah konsorsium dari delapan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Perempuan di Pulau Sumatera meluncurkan sebuah buku berjudul Jalan Panjang Kepemimpinan Feminist LSM Perempan di Sumatera untuk merayakan Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap tahunnya di tanggal 8 Maret. Buku ini mendokumentasikan dinamika kepemimpinan perempuan dalam memimpin berbagai lembaga yang fokus pada pemberdayaan perempuan di Sumatera bertujuan untuk menyumbang perluasan ide dan praktik kepemimpinan perempuan di ORNOP/LSM Perempuan ke wilayah lain. Buku ini diluncurkan dengan dukungan dari Program MAMPU, kemitraan Pemerintah Australia dan Indonesia untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan.
Konsorsium PERMAMPU adalah mitra kerja Program MAMPU yang berfokus kepada penguatan kepemimpinan perempuan untuk menghapuskan feminisasi kemiskinan melalui advokasi pentingnya Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) dan Gizi perempuan yang bekerja di 233 desa di 34 kabupaten/kota di delapan provinsi di Sumatera. Konsorsium beranggotakan delapan LSM Perempuan yang sudah berkarya lebih dari 15 tahun dalam pemberdayaan perempuan akar rumput ini, melihat pentingnya mendokumentasikan pembelajaran tentang kepemimpinan perempuan di dalam Organisasi Non-Pemerintah (ORNOP) atau LSM Perempuan.
Pembuatan buku ini didasari oleh dorongan untuk memberikan beberapa pemikiran mengenai pergantian kepemimpinan dan regenerasi dalam lembaga serta merespon ragam pandangan lain seperti adanya one-woman shows atau melemahnya LSM Perempuan setelah melakukan pergantian pemimpin, disampaikan oleh Dina Lumbantobing – Koordinator Pelaksana KonsorsiumPERMAMPU.

PERMAMPU, selama 6 bulan, menuliskan perjalanan empat dari delapan LSM Perempuan di Sumatera anggota konsorsium, yaitu Flower Aceh, PESADA Sumatera Utara, LP2M Sumatera Barat, dan Cahaya Perempuan WCC Bengkulu. Proses penulisan menghasilkan sebuah buku yang menggambarkan pengalaman panjang penuh dinamika di keempat lembaga tersebut dalam memimpin LSM Perempuan.
Pembelajaran seputar kepemimpinan perempuan yang telah dipetik PERMAMPU merupakan buah dari pengalaman berharga dalam melawan diskriminasi dan stereotip gender, khususnya yang terkait hak-hak kesehatan seksual dan reproduksi perempuan. Lewat studi kasus pada empat dari delapan OMS dalam PERMAMPU, buku ini menunjukkan bahwa, terlepas dari segala tantangan dan dinamika yang ada, perempuan mampu memimpin dan menggerakkan perubahan, khususnya ketika berada di posisi pimpinan eksekutif. ungkap Kate Shanahan Team Leader Program MAMPU.
PERMAMPU berharap buku ini dapat menjadi sumber pembelajaran serta menyumbangkan ide bagi praktik kepemimpinan perempuan di ORNOP/LSM Perempuan tidak hanya di pulau Sumatera, tapi untuk gerakan perempuan di seluruh wilayah Indonesia.
***
Nara Hubung:
Dina Lumbantobing
Koordinator Pelaksana Konsorsium PERMAMPU
lumban27@yahoo.com

Tentang Hari Perempuan Internasional
Hari Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 8 Maret setiap tahunnya untuk merayakan prestasi perempuan secara sosial, ekonomi, budaya, dan politik. Hari internasional ini juga menjadi ajakan bagi seluruh elemen masyarakat untuk mempercepat kesetaraan gender. Tahun ini UN Women, organisasi PBB yang berfokus pada pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender, mengangkat tema tentang Think equal, build smart, innovate for change. Tema ini untuk menggugah kesadaran perempuan untuk mendesak ruang politik yang demokratis, setara, dan bebas kekerasan bagi perempuan.
Tentang Program MAMPU
MAMPU adalah kemitraan Pemerintah Australia (DFAT) dan Indonesia (BAPPENAS) yang bekerja untuk meningkatkan akses perempuan miskin ke layanan penting dan program pemerintah lainnya untuk mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan serta mendukung pencapaianTujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) oleh Pemerintah Indonesia. MAMPU bekerja di 27 provinsi, lebih dari 150 kabupaten/kota, mencapai lebih dari 1.000 desa.

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website